Contoh perusahaan E-Business
PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer
Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang pelatihan, PT. Inixindo yang juga adalah tempat penulis bekerja saat ini, cukup banyak aspek e-bisnis yang telah diterapkan di perusahaan salah satunya adalah Customer Relationship Management dengan mengandalkan aplikasi SugarCRM.
Pengertian dasar dari CRM adalah model manajemen relasi antara perusahaan dengan klien namun fungsi dari CRM itu tidak hanya untuk relasi antara perusahaan dengan klien saja, akan tetapi terdapat aspek proses bisnis dan prospek pemasaran juga. Dengan memanfaatkan teknologi CRM, perusahaan dapat menjaga relasi dengan klien dan dapat mengelola bisnis untuk meningkatkan prospek masa depan.
Penerapan CRM yang memanfaatkan perangkat lunak adalah salah satu tujuan PT. Inixindo dalam program Green ICT yakni mendukung penghijauan dalam bidang teknologi informasi dengan mengurangi penggunaan kertas. Sebelum diterapkannya CRM dengan perangkat lunak SugarCRM, hampir seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen relasi pelanggan dapat dikatakan “sangat tidak green” dengan terlalu banyak menghabiskan kertas untuk dokumentasi. Sebagai perusahaan penyedia jasa pelatihan TI, PT. Inixindo yang telah berdiri sejak tahun 1991 telah memiliki ribuan klien mulai dari instansi negara, perusahaan swasta hingga perorangan. Oleh karena itu, manajemen relasi dengan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam proses bisnis perusahaan.
Selain keuntungan dari Green ICT, terdapat keuntungan lain yang dapat diambil dari CRM antara lain:
Peningkatan kualitas pelayanan kepada klien
Efisiensi biaya
Penerapan DSS (Decision Support System) oleh pihak manajemen
Meningkatkan profit perusahaan
Kualitas pelayanan kepada klien dapat dilihat dari relasi yang telah terbangun sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada klien. Dari hal tersebut jelas sudah mengarah kepada DSS sehingga pihak manajemen sebagai decision maker dapat menentukan strategi yang lebih baik lagi. Contoh yang telah dilakukan PT. Inixindo yaitu melihat materi pelatihan apa saja yang telah diikuti oleh seorang pelanggan dan berikutnya Account Executive dapat memberikan pelatihan yang baru kepada pelanggan tersebut.
Seperti halnya penerapan aplikasi pada umumnya, penerapan CRM juga masih mempunyai kendala. Sosialisasi dari penggunaan perangkat lunak pada proses bisnis sangatlah diperlukan karena sebagian pengguna masih terbiasa dengan kebiasaan lama mereka, misalnya masih mengandalkan tulisan tangan dan penggunaan kertas. Juga familiarisasi penggunaan komputer dalam pekerjaan sehari-hari menjadi salah satu poin penting dalam kesuksesan penggunaan perangkat lunak.
Dari faktor teknis juga ditemukan beberapa kendala. Kehandalan perangkat keras menjadi poin yang harus diperhatikan oleh pihak pengembang aplikasi. Mesin server yang lemah tentunya akan menghambat kinerja pengguna, dalam hal ini adalah para Account Executive (Sales) yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses sosialisasi CRM tersebut.
Sinergi dari seluruh pihak terkait sangat dibutuhkan. Kesalahan komunikasi dari pihak manajemen, pengguna dan pengembang menentukankesuksesan dari penerapan CRM. Pihak pengembang yang notabene lebih fasih dalam bahasa teknis harus menggunakan bahasa non-teknis dalam menjelaskan kepada pihak manajemen dan pengguna supaya saling mengerti.
Contoh perusahaan E-commerce
Adidas
Adidas merupakan sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam perlengkapan sports. Sejak pertama kali dirilis tahun 1949 oleh Adolf dan Dassler yang digunakan pada nama adidas. Dari sisi penampilan sport yang diberikan, adidas berusaha untuk memberikan kenyamanan dari ketidakpastian bagi para atlet yang menggunakan produk-produk buatan adidas. Sedangkan dari sisi gaya sport yang diberikan pun, adidas memberikan keunikan tersendiri bagi produk-produk mereka untuk membedakannya dengan produk lain, dengan cara mengubah gaya jalanan (street style) menjadi gaya kelas atas (high style) bagi para konsumen yang sebagian besar merupakan atlet.
Beberapa kategori olahraga yang menjadikan adidas sangat banyak diminati oleh para konsumennya ialah olahraga sepakbola, renang, serta bola basket. Dengan menggunakan strategi menciptakan berbagai produk-produk olahraga yang berkualitas baik serta memiliki bagian yang menjadikan olahraga menjadi bagian dari hidup orang kebanyakan.
Manajemen adidas juga berusaha sebaik mungkin untuk membuat para konsumen mereka merasa puas, karena konsumen merupakan bagian terpenting untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Demi menjadi pemimpin dalam mencapai pangsa pasar, adidas juga menginvestasikan sahamnya terhadap beberapa perusahaan-perusahaan olahraga. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai adidas, dapat mengunjungi website : http://www.adidas.com
Analisis :
Dalam website adidas, tersaji dengan gambaran homepage yang cukup menarik dengan unsur-unsur olahraga yang diperlihatkan. Terdapat juga fitur-fitur umum yang disajikan untuk memudahkan konsumen mengetahui perkembangan produk-produk yang ditawarkan adidas, tetapi website adidas tidak melayani pemesanan produk secara online, website ini hanya memberikan informasi outlet dan nomor kontak pemasaran dari adidas itu sendiri.
Fitur-fitur :
Di dalam website adidas memiliki fitur-fitur, yaitu : Home, Our Group,Spirit of Sport, Sustainability, Investor Relations, Media, Careers, RSS, FAQ, Sitemap, Contact, What we do, Our Mission, Strategy, Brands, History, Supervisory Board, Executive Board, dan Locations yang memberikan informasi kepada konsumen lebih mendalam mengenai adidas.
Kelebihan :
Kelebihan dari website adidas ialah memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap bagi informasi yang diinginkan konsumen menegnai perusahaan dan produk-produk adidas. Dilengkapi dengan FAQ, para konsumen tidak harus bertanya langsung ke outlet adidas atau menghubungi kantor pemasaran, karena dalam FAQ terdapat beberapa kumpulan pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh orang-orang kebanyakan.
Kekurangan :
Kekurangan dari website adidas ialah dalam website ini, konsumen tidak dapat melakukan pembelian secara online, karena website ini hanya menyediakan informasi mengenai outlet-outlet adidas di seluruh dunia, yang secara tidak langsung konsumen hanya bisa membeli produk adidas di outlet-outlet tersebut.
Kesimpulan :
Jadi, dalam website adidas tersedia fitur-fitur yang cukup membantu konsumen untuk mengetahui perkembangan produk adidas dan juga tempat penjualan produk tersebut di beberapa daerah, namun tidak dapat dilakukan pemesanan secara online terhadap produk-produk yang dijual oleh adidas.
0 komentar:
Posting Komentar